INSTRUMEN DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI

Instrumen desain dan analisis system berfungsi untuk memudahkan dan mendukung komunikasi yang serasi antara anggota tim pengembangan desain sistem dalam memahami rencangan sistemnya. Penggunaan alat ini akan menguntungkan  bagi pemakai (user), pimpinan (manager) dan ahli desain komputer (computer professionals). Pemilihan spesifik dari alat ini tergantung dari permasalahan sistem yang ada. Stewart WT dan Rohm Tapie CE (1996).Dalam mendesain sebuah sistem, membutuhkan peralatan yang mampu memberikan kemudahan bagi pendesain dalam mengerti desain/rancangan sistemnya. Peralatan-peralatan yang dibutuhkan dalam desain sistem meliputi : 


  • Kuesioner (questionares), terdapat 2 (dua) type kuesioner, yakni berisi opini-opini dari responden yang telah dikelompokkan lalu opini tersebut ditabulasikan menurut pokok pikirannya. Sedangkan type yang lain berupa kuesioner terbuka (open-ended), dimana responden secara bebas memberikan opini atau ide-idenya tanpa harus dikelompok-kelompokkan.
  • Wawancana (interview), tujuannya adalah untuk mengidentifikasi apa yang menjadi permasalahan sistem dan apa-apa yang dibutuhkan. Dalam pelaksanaannya dibuthkan panduan wawancana dan kesepakatan untuk waktu wawancara.
  • Diagram (flowchart), merupakan alat bantu yang digunakan dalam membuat spesifikasi alur informasi dalam merancang suatu sistem baru, Flowchat ini menggunakan simbol-simbol untuk merepresentasikan fungsi dan kejadian yang tercakup dalam sistem operasi. Terdapat 2 (dua) jenis flowchart yakni pertama, flowchart sistem yang didalamnya termasuk prosedur manual, proses komputer dan file data, dan kedua yakni flowchart program yang didalamnya mengandung detil model secara visual yang harus tercakup dalam suatu program.
  • Diagram alur data (data flow diagram) yang merupakan alat bantu dari struktur analisis, yang menggambarkan arah alur data dari dan di dalam sistem sesuai proses yang mentransfor-masikan data dan tempat dimana data disimpan, 
  • Diagram alur dokumen (document flowchart), yang terkadang disebut dengan alur lembar kerja (paperwork flowchart), merupakan alur dari dokumen yang meliputi kreasi laporan dan  modifikasi secara manual untuk dapat ditrasformasikan ke sistem komputer.
  • Bagan terstruktur (structured chart), yang digunakan untuk mendefenisikan dan mengilustrasikan organisasi dari sistem informasi secara berjenjang.